Berita

Dirgahayu Republik Indonesia ke-76

76 tahun sudah bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, namun apakah benar bangsa ini sudah “merdeka”?

Merdeka bukan hanya dimaknai bahwa kita telah terbebas dari penjajahan bangsa lain yang ingin menguasai dan mengambil keuntungan, namun juga merdeka dari segala belenggu yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa kita termasuk segala ancaman yang datang dari bangsa kita sendiri.

Seperti merdeka dari kemiskinan, merdeka dari isu radikalisme dan terorisme, merdeka dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang masih menjadi momok dari bobroknya para abdi negara, merdeka dari ketidak-adilan yang marak menyelimuti sucinya penegakan hukum di negara ini, merdeka dari segala penderitaan termasuk masih banyaknya hutang negara, makin menjamurnya pengangguran, krisis ekonomi dan infrastruktur kesehatan akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, marilah kita sebagai generasi penerus bangsa, yang sejatinya adalah pejuang bagi kemerdekaan bangsa saat ini hingga seterusnya, senantiasa mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, antara lain terus berkarya membanggakan bangsa, menghormati dan menghargai segala keberagaman agama, adat dan budaya yang ada di Indonesia, tidak merusak kekayaan alam dan fasilitas umum yang ada, turut serta mensukseskan segala kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk kebaikan bangsa, seperti contohnya adalah mematuhi protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Negara Indonesia.

Mempertahankan kemerdekaan lebih sulit daripada meraih kemerdekaan bukan? Masih banyak yang harus kita perjuangkan. Sebagaimana pepatah yang pernah diucapkan oleh Ir.Soekarno, sang proklamator kita,

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, namun perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Ir. Soekarno

Mari kita bangun optimisme bangsa ini untuk bangkit menyelesaikan pandemi Covid-19 dan segala “PR” kita tadi.

Bung Karno pun sempat mengingatkan bahwa, “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang MERDEKA.”

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Indonesia Sehat, Indonesia Bangkit

Dirgahayu Republik Indonesia ke-76

MERDEKAAA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.